Tips Merawat Mobil Matic Agar Awet Saat Digunakan

Sekarang ini banyak sekali produsen otomotif mobil yang mengusung transmisi matic. Selain mudah untuk digunakan penggunaan mobil matic pun kini semakin bertambah karena kenyamanan yang ditawarkannya. Namun, segala kelebihan yang ditawarkan oleh mobil matic juga sangat rentan pada bagian mesin dan juga di transmisi nya.

Dengan catatan tidak dirawat dengan baik, perlu dikatahui jika mesin atau transmisi mobil matic bermasalah teman-teman harus siap merogoh kocek yang dalam untuk memperbaikinya. Dari pada menunggu hingga rusak, kali ini kami akan memberikan tips cara mudah merawat transmisi otomatis mobil teman-teman agar tetap awet.

1. Panaskan Mobil Sebelum Berpergian

Hal ini sangat dianjurkan, terutama di waktu pagi hari teman-teman bisa memanaskan sekitar 5 menit. Ini bertujuan agar oli yang ada pada transmisi otomatis bisa bersirkulasi untuk melumasi bagian kanvas kopling, dan juga torkon. Meskipun terdengar sangat sepele, tapi jika dibiarkan ini akan membuat komponen yang ada di dalam transmisi akan cepat aus.

2. Lakukan Pemeriksaan dan Pergantian Oli

Penggantian oli secara umum, dihitung antara jarak atau lamanya penggunaan mobil dan idealnya untuk oli transmisi otomatis itu di ganti sekitar 40.000 kilometer setelah digunakan. Akan tetapi jika teman-teman sering melewati wilayah macet, sebaiknya teman-teman mengganti oli lebih sering, jangan lupa mengganti merek oli sesuai yang disarankan oleh pabrikan mobil.

3. Gunakan persneling dengan tepat

Cara merawat transmisi mobil otomatis berikutnya adalah operasikan dengan benar, lantaran berbeda dengan transmisi manual. Contohnya saat di lampu merah, baiknya posisi gigi ada di netral atau N agar kinerja mesin ada istirahatnya.

Selain itu, jika saat menghadapi jalanan menanjak yang cukup curam, pindahkan posisi gigi ke ‘3’ atau ‘2’ atau ‘L’. Ini dilakukan, supaya tenaga mesin mendapat bantuan dorongan dari transmisi secara optimal.

Hal penting lain, selalu pastikan mobil berhenti terlebih dulu sebelum melakukan pindah gigi yang berlawanan. Misal dari D ke R dan sebaliknya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *